Rabu, 19 April 2017

PENGENALAN ANIMASI & DESAIN GRAFIS (TULISAN 3)

PENGANTAR KONSEP GIMP

    1.       Definisi GIMP

GIMP (GNU) Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. Sedangkan Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). GIMP cocok untuk brbagai tugas manipulasi gambar termasuk  retouching foto, komposisi gambar, konstruksi. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

GIMP, adalah aplikasi gratis untuk foto editing yang tidak kalah dengan aplikasi foto editing profesional yang telah ada sebelumnya. Aplikasi ini dinilai cukup baik dan mudah digunakan apalagi untuk yang barusan mengenal maupun yang baru akan belajar, dan membutuhkan aplikasi editing foto secara simpel dan praktis tanpa harus membayar seperti aplikasi pengeditan foto dan desain lainnya.


   2.       Fitur GIMP
Daftar berikut  ini  merupakan ringkasan singkat dari beberapa fitur dan kemampuan GIMP anda:

– Suite yang lengkap termasuk alat – alat melukis brushes, pencil, airbrush, cloning,dll.

– Tile berbasis manajemen memori, sehingga ukuran gambar hanya di batasi oleh ruang disk yang tersedia.

– sub-pixel sampling untuk semua alat- alat untuk high-quality anti-aliasing.

– dukungan penuh Alpha channel  untuk bekerja dengan transparasi.

– Layer dan Channel.

– Prosedur internl database untuk memanggil fungsi – fungsi Gimp dari program eksternal,seperti Script-Fu.

– Kemampuan Advenced scripting.

– Multiple undo/redo (di batasi oleh ruang disk).

– Transformation tools  termasuk rotate, scale, sheare, dan flip.

– Dukungan untuk berbagai macam format file, termasuk GIF, JPEG, PNG, XPM, TIFF, TGA, MPEG, PS, PDF, PCX, BMP dan sebagainya.

– Peralatan selection, termasuk rectangular, elips, free, fuzzy, bezier, dan intelligent scissors
Plung-in yang memungkinkan untuk memudahkn penambahan format file baru dan filter efek baru.


   3.       Manfaat GIMP
·    GIMP menyediakan banyak plugin yang memudahkan kita dalam mengolah image dengan cepat. Maksudnya multi-platform adalah bisa dijalankan di berbagai sistem operasi.

·      GIMP mendukung banyak format gambar, termasuk JPG dan PNG yang sering kita gunakan. Format ini dapat dibuka dihampir semua image editor dan image viewer

·    GIMP memiliki file format sendiri yaitu XCF. Jika perlu, anda juga dapat menggunakan PSD format (format standar Photoshop).

·  GIMP dapat digunakan dengan skrip yang disebut Script-Fu. Kita dapat mengkostumisasi berbagai fungsi/fitur menjadi fungsi baru sehingga mempercepat penggunaan fungsi

·     Penggunaan lebih expert, dengan sifatnya yang source-code GIMP dapat digunakan untuk membuat pengolahan atau render gambar online dengan menggabungkan dengan CGI atau lainnya sehingga memungkinkan kita mengolah gambar secara online.


Referensi :
https://lisanuzimakiers.wordpress.com/definisi-gimp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar