LAYANAN STRATEGI
Pemerintahan
Tata kelola
(governance) merupakan proses pengambilan keputusan dan proses dengan mana
keputusan tersebut akan diimplementasikan (atau tidak diimplementasikan). Salah
satu fungsi yang paling penting dari tata kelola adalah menyediakan kontrol yang
mencegah perilaku ceroboh dalam suatu bagian organisasi dan orang-orangnya. Konsep
governance merupakan pusat operasi suara dan manajemen dari semua organisasi
yang sehat. Ini mencakup berbagai kebijakan, proses dan struktur yang
ditetapkan oleh manajemen senior untuk memastikan kelancaran dan kontrol yang
efektif dari organisasi.
Standar internasional
untuk tata kelola IT, ISO / IEC 38500: 2008, 'menyediakan kerangka kerja untuk
pemerintahan yang efektif TI untuk membantu orang-orang di tingkat tertinggi
organisasi untuk memahami dan memenuhi kewajiban hukum, peraturan dan etika
mereka sehubungan organisasi mereka' penggunaan IT . Kerangka kerja ini
menetapkan enam prinsip tata kelola perusahaan yang baik dari IT, tanggung
jawab yang meliputi, strategi, akuisisi, kinerja, kesesuaian dan perilaku
manusia, sehingga jelas bahwa tata kelola TI adalah tentang banyak lebih dari
proses TI dan kontrol. IT berfungsi sebagai pengiriman dan pelaporan data,
dalam hal ini IT hrus dapat memastikan:
1.
Integrasi informasi
2.
Ketetapan waktu untuk mempercepat pengambilan
keputusan
3.
Mengotomatisasi pengangkapan data
4.
Menyediakan laporan untuk keperluan pimpinan
5.
Perfomance objective yang berfokus pada bisnis
governance
IT adalah bisnis
layanan, dan adopsi praktek manajemen pelayanan ITIL adalah cara yang efektif
untuk mengatasi tata kelola TI. Organisasi dengan tata kelola IT yang baik
mendapatkan manfaat seperti peningkatan nilai aset bisnis yang terkait TI.
Manfaat dari belajar tata kelola IT bahwa mampu memahami tata kelola dan
aktivitas-aktivitasnya, memastikan kinerja TI sesuai dengan tujuan utama tata
kelola TI, mengoptimalkan keuntungan dan kesempatan yang ditawarkan TI,
mengendalikan penggunaan terhadap sumber daya TI dan menglola resiko-resiko
terkait TI.
LAYANAN DESAIN
service design adalah transformasi dari service strategy menjadi tahapan-tahapan untuk memberikan pelayanan terhadap pengguna layanan.
Service
design memberikan penduan kepada organisasi IT untuk dapat secara sistemaITSdan
best pracITce mendesain dan membangun layanan IT maupun implementasi ITSM itu
sendiri.
desain
layanan bertujuan untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk
memastikan bahwa layanan baru
akan melakukan seperti yang direncanakan
dan disampaikan fungsi dan manfaat dimaksudkan oleh bisnis. Prinsip ini adalah jantung dari pendekatan
ITIL dan mengapa
sebagian besar proses desain layanan difokuskan
pada pengendalian operasional:
• manajemen Katalog
layanan;
• manajemen tingkat layanan;
• Manajemen kapasitas;
• Koordinasi Desain;
• manajemen Ketersediaan;
• IT manajemen kelangsungan pelayanan;
• manajemen keamanan informasi;
• manajemen Pemasok.
Pengendalian operasional adalah proses pemantapan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang sudah ditentukan lebih dahulu. Sebagian besar keputusan bisa diprogramkan.
Untuk lebih lengkapnya materi Service Strategi download Klik disini• manajemen tingkat layanan;
• Manajemen kapasitas;
• Koordinasi Desain;
• manajemen Ketersediaan;
• IT manajemen kelangsungan pelayanan;
• manajemen keamanan informasi;
• manajemen Pemasok.
Pengendalian operasional adalah proses pemantapan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang sudah ditentukan lebih dahulu. Sebagian besar keputusan bisa diprogramkan.
dan materi Service Design Klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar